Selasa, 12 Oktober 2010

CERITA DONGENG


CERITA DONGENG
"MENGAPA ANJING TIDAK BERTANDUK DAN KAMBING BEREKOR PENDEK"
KIRIMAN : RISKI AMALIANSYAH (7 D)


Zaman dahulu kala di daerah Batur, Kintamani, Bali, ada seekor anjing yang bersahabat dengan seekor kambing. Konon waktu itu yang mempunyai tanduk adalah anjing, bukan kambing. Keadaan ini membuat iri hati kambing.

Pada suatu hari, kambing mendapat undangan menghadiri pesta. Agar menjadi gagah ia meminjam tanduk kepada anjing. "Sahabatku, aku ingin meminjam tandukmu supaya aku lebih kelihatan gagah dari pada sekarang", Kata kambing kepada anjing. "Boleh saja, tetapi ingat, setelah pesta selesai kamu harus lekas-lekas mengembalikannya kepadaku. sewaktu-waktu aku akan memerlukannya

Jawab anjing
Tentu saja aku akan segera mengembalikannya. Untuk apa kutahan lama-lama, kata kambing. Kambing mengenakan tanduk pada kepalanya hingga terlihat gagah, akan tetapi kepercayaan penuh yang diberikan telah disalahgunakan oleh kambing. Pesta telah usai, tetapi tanduk anjing belum juga dikembalikan. Malah kambing selalu menghindari anjing. Jika ia melihat anjing, kambing akan lari menjauh
Akhirnya anjing bertemu muka dengan kambing. Ia langsung bertanya, “sahabatku kambing, mana tandukku? Aku amat membutuhkannya”. Kambing tidak menjawab. Ia langsung melarikan diri. “Hai kambing!!, kamu benar-benar berlaku curang!”, teriak anjing.
Melihat ketidakjujuran ini, anjing naik pitam. Kambing terus dikejarnya, sekalipun ia harus menyeberangi danau. Ternyata kambing bukan hanya pandai berlari, tetapi pandai juga berenang. Bagaimanapun kencangnya lari kambing, ia bukan tandingan anjing. Tatkala ia sampai di pantai, anjing sudah berada tepat didepannya. Anjing segera menggigit keras-keras ekor kambing. Terasa ekornya digigit, dengan segenap tenaga kambing berontak menghindarkan diri.
Akhirnya kambing dapat lolos juga, walaupun ekornya putus. Setelah berhasil membebaskan diri, kambing pun segera menghilang diantara semak-semak, sehingga anjing tidak menemukan kambing, apalagi menangkapnya.
Nah sejak saat itu keturunan kambing terus memiliki tanduk ddan ekornya pendek, sedangkan keturunan anjing tidak bertanduk lagi tetapi berekor panjang.


1 comments:

Unknown mengatakan...

hahaha.....